Minggu, 01 April 2012

PENGERTIAN GEOGRAFI

Diposting oleh uL chupied di 05.47

PENGERTIAN GEOGRAFI
Pada sejarah awalnya ilmu Geografi hanya di pandang sebagai ilmu tentang bumi yang di tulis oleh para penjelajah benua dan samudera. Dari hasil penjelajahannya di peroleh laporan berupa data yang penyajiannya di lengkapi dengan gambar-gambar dan peta-peta untuk mempermudah memahami laporan itu. Laporan perjalanan tentang bumi dan negara-negara itu di namakan logografi. Ilmuwan sebagai pelopor logografi ialah Herodotus yang hidup antara 485-425 sebelum masehi (SM).

   Pengertian atau definisi geografi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut :
a.   Sidney E. Eklobow dan Donald J. D. Mukurne
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan kehidupan yang ada di atasnya.
b.   Ferdinand Von Richtofen
Geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dan penduduknya serta menerangkan hubungan sebab akibat ataupun terdapatnya gejala dan sifat-sifat itu secara bersamaan.
c.   J. W. Alexander
Geografi adalah ilmu yang mempelajari keanekaragaman bentuk permukaan bumi  secara keruangan.
d.   Bintarto
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan,menerangkan sifat-sifat bumi,menganalisis gejala-gejala alam dan bentuk,mempelajari corak dan khas mengenai penghidupan ,dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumidalam ruang dan waktu.
e.   Hasil seminar dan lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di semarang tahun 1988
Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan geosfer serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

TAMBAHAN....
   Istilah geografi mulai di perkenalkan oleh Eratothenes (276-198 SM). Menurut Eratothenes , geografi berasal dari kata Geographica yang berarti penggambaran bumi. Selain itu Eratothenes mengukur keliling bumi secara matematik, yaitu berdasarkan perhitungan jarak antara Alexandria dan Aswan. Oleh karena itu , para ahli geografi sependapat bahwa Eratothenes adalah peletak dasar ilmu Geografi.
    Pada awal abad ke-2 SM , muncul Cladius Ptolomeus. Menurutnya , geografi adalah suatu penyajian dari sebagian atau seluruh permukaan bumi melalui peta. Ptolomeus m,erupakan orang yang pertama kali membuat peta. Oleh karena itu , kumpulan peta karya Ptomeleus di beri nama Atlas Ptomeleus.

0 komentar:

Posting Komentar

 

chupiedd pinkpurplee ^^__^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea