Minggu, 01 April 2012

KONSEP GEOGRAFI

Diposting oleh uL chupied di 05.48

.    KONSEP GEOGRAFI
Di bawah ini adalah sepuluh konsep dasar geografi,yaitu sbb :
a.   Konsep Lokasi
Konsep lokasi merupakan konsep utama geografi untuk menjawab pertanyaan where (dimana). Lokasi  dapat di bedakan menjadi 2 bagian, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.
1.    Lokasi Absolut
Menunjukkan lokasi yang berdasarkan lintang dan garis bujur (letak astronomis). Contohnya kota A terletak pada 115° sebelah timur garis bujur 0° (garis bujur 0° adalah garis bujur yang melewati kota Greenwich di inggris) dan 5° sebelah selatan garis lintang 0° (khatulistiwa).
2.   Lokasi Relatif
Lokasi yang berubah-ubah karena di pengaruhi oleh darah sekitarnya. Lokasi relatif lebih penting artinya dan lebih banyak di kaji dalam geografi sehingga di sebut juga sebagai letak geografis. Contohnya lokasi yang berkaitan dengan keadaan di sekitarnya dapat memberi arti yang menguntungkan dan merugikan . sebagai contoh , suatu tempat yang pada awalnya berupa areal persawahandan sepi oada suatu waktu di tempat tersebut di bangun jalan raya pabrik, dan perumahan . hal tersebut akan menjadikan lokasi mengalami peningkatan nilai, baik secara ekonomi, finansial, maupun sosial.

0 komentar:

Posting Komentar

 

chupiedd pinkpurplee ^^__^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea