Minggu, 01 April 2012

PENYABAB TERJADINNYA GEMPA

Diposting oleh uL chupied di 05.46

PENYABAB TERJADINNYA GEMPA

A. GEMPA TEKTONIK
          Gempa bumi tektonik terjadi karena adanya pelepasan tenaga yanmg disebabknan oleh pergeseran lempeng tektonik ( karena peristiwa tektonisme ). peristiwa tektonisme yang paling sering menimbulkan gempa adalah tektonisme yang menghasilkan patahan ( dislokasi ). pergeseran lempeng tektonik tersebut menimbulkan goncangan ( gelombang ) yang bergerak merambat gesegala arah melalui materi-materi penyusun bumi.
gempa tektionik merupakan gempa yang paling dahsyat karena sifatnya meluads dan banyak merusak.

B. GEMPA VULKANIK
          gempa bumi terjadi karena adanya aktifitas vulkanisme yang disebab kan oleh pergerakan magma didlalam gunung merapi. pergerakan magma yang melalui pipah-pipah gunung merapi dapat menimbulkan getaran yang dirambatkan melalui kerak bumi, oleh karan itu sebelum gunung api meletus terasa adanya gempa terlebih dahulu.

C. GEMPA RUNTUHAN
          gempa runtuhan atau gempa terban terjadi karena adanya runtuhan atau longsor didaerah lereng, runtuhnya atap gua ( terutama didaerah kapur ). dan runtuhan didaerah pertambangan bawah tanah.


Kelompok :
Khykmatiar
Arinal Haq
Fithrahuddin Y.P
KB: 3..1
PERUBAHAN MUKA BUMI OLEH  TENAGA ENDOGEN DAN MANFAAT DAN JELEKNYA BAGI MANUSIA.

          Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. tenaga endogen bersifat membangun atau memberi bentuk relief di permukaan bumi. tenaga endogen meliputi tektonisme, vulkanisme, dan seismik ( gempa bumi ).
A. TEKTONISME
          tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan letak ( dislokasi ) ;apisan permukaan bumi, bak secara mendtar maupun vertikal. pada umunya bentuk hasil tenaga tektonisme berupa lipatan dna patahan

B. VULKANISME
           proses keluarnya magma hingga ke permukaan bumi disbut letusan atau vulkanisme.peristiwa tersebut dikenal juga dengan istilah erupsimagma. erupsi magma dapat terjadi melalui dua cara, yaitu erupsi efusif dan erupsi eksplusif.
          a. erupsi efusif
                   erupsi efusif adalah gerakan magma hingga keprmukaan bumi melalui retakan-retakan yang ada pada badan  gunung api.magma yang keluar dari gunung berapi ditimbun disekitar lawah hingga membentuk sebuah gunung. oleh karena itu, erupsi efusif dapat dikatakan bersifat membangun.
          b. erupsi eksplusif
                   erupsi eksplusif adalah gerakan magma hingga ke permukaan bumi melalui pipah kawah gunung. tetapi kekuatannya sangat besra hingga merusak diniding kawah. dinding kawah yang rusak tersebut terlempar bersama-sama dengan bahan-bahan letusan lainnya. oleh karena itu, erupsi eksplusif bersifat merusak, mendesak tubuh gunung api sehingga menghancurkan sebaginan badan gunung berapi.
           
          manfaatnya bagi manusia yaitu:
          1. terbentuknya bentuk muka bumi yang baru.
          2. meghasilkan tanah yang subur jika telah terjadi letusan gunung berapi.
          3. menghasilkan pasir dan batuan yang digunakan oleh manusia sebagai bahan bangunan.

          jeleknya bagi manusia yaitu :
          1. merusak bentuk muka bumi
          2. merusak rumah-rumah dan lahan milik masyarakat jika terjadi gempa
          3. mennghancurkan mata pencaharian masyarakat setelah terjadinya gempa.  
                















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
Individu
KD:3.1
MENGAPA TERJADI PERBEDAAN JENIS TANAH DIMUKA BUMI

          Perbedaan jenis tanah dimuka bumi disebabkan oleh bahan penyusunnya, yaitu bahan mineral, bahan organik air dan udara. bahan-bahan penyusun tanah tersebut jumlah atau banyaknya masing-masing berbeda untuk setiap jenis lapisan tanah disetiap tempat. jadi disetiap daerah mempunyai jenis tanah yang berbeda. contohnya pada kahan kering atau lahan bukan persawahan umumnya tanahnya menggandugn bahan mineral sebanyak 45 % bahan organik 5 % udara 20 %- 30 % dan air 20 % 30 %.
A. Bahan mineral
          Bahanmineral yang terdapat di dalam tanah berasal dari batu-batuan yang mengalami pelapukan. Oleh Karena itu, susunan bahan mineral dalam tanah berbeda-beda sesuai dengan mineral yang terkandung dalam batuan.
B. Bahan Organik
          Bahan organik pada umumnya terdapat dipermukaan tanah. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tetapi memiliki pengaruh yang besar terhadap sifat-sifat tanah dan bahan organic memegang peranan penting dalam pembentukan humus.
C. AIR
          Air dapat tersi,pan dalam tanah karena ditahan atau diserap oleh massa tanah, tertahan oleh lapisan kedap air, atau Karena system drainase yang kurang baik. Air mengisi pori-pori di dalam tanah. Tertahannya air didalam tanah tersebut adalah karena adanya gaya-gaya adhesi, kohesi, dan gravitasi.
D. Udara
          Sepeti halnya air, udara juga mengisi pori-pori dalam tanah yang tidak terisi air, terutama pori-pori yang berukuran mikro.


Individu
KD: 3..1
UPAYA PENANGGULANGAN KERUSAKAN TANAH
          Salah Satu Upaya yang dilakuakan dalam rangka mengurangi danmencegah kerusakan tanah adalah melalui konservasi tanah. Konservasi tanah adalah pemeliharaan dan perlindungan tanah tanah dalam rangka mengurangi dan mencegah kerusakan tanah melalui upaya pelestarian.tujuan utama konservasi adalah memperoleh tingkat keberlanjutan produksi tanah dengan jalan menjaga laju kehilngan tanah. Usaha konservasi tanah yang paling penting dilakukan adalah penggunaan tanah sesuai dengan keperluan dan kemampuannya.
          Usaha konservasi tanah dapat dilakukan melalui 3 car, yaitu metode vegetatif, mekanik, dan kimia. Ketiga metode tersebut memiliki maksud yang sama dalam konsevasi tana, yaitu melindungi tanah dari curahan hujan secara langsung, meningkatkan kapasitas infiltrasi tanah, mengurangi laju aliran permukaan, dan meningkatkan stabilitas partikel-partikel tanah.  
Metode vegetatif
Metode vegetatif adalah konservasi tanah dengan memanfaatkan tanaman atau sisa tanaman media untuk menahan laju erosi. Metode ini berfungsi melindungi tanah dari penghancuran oleh butiran air hujan, aliran permukaan, dan memperbaiki kapasitas infiltrasi.
B. Metode Mekanik
          Metode mekanik adalah konservasi tanah melalui pengelolaan tanah guna nebgurangi banyaknya tanah yang hilang akibat erosi. Metode ini berfungsi  memperlambat aliran permukaan, menampung danmengalirkan aliranpermukaan, serta menyediakan air bagi tanaman.
C.       Metode Kimia
          Metode kimia adalah konservasi tanah dengan memberikan bahan-bahan kimia. Metode ini dilakukan untuk memperbaiki struktur tanah, yaitu meningkatkan kemantapan agrerat tanah
Individu
KD: 3.2
PEMANASAN GLOBAL DAN EFEK RUMAH KACA
Pemanasan global sedang terjadi. Sepuluh tahunyang lalu, masalah pemanasan global hanyalah sebatas wacana, tetapi sekarang bukti-bukti yang nyata terpampang dihadapan kita. Masyarakat Inuit di Amerika Utara melihatnya pada es yang menghilang, beruang kutub yang kelaparan, dan migrasi paus yang tidak menentu. Penduduku Amerika Latin dan Asia Tengara mengalamai bencana angina rebut, tanah longsor, dan banjir. Penduduk Eropa menyakiskannya melalui hilangnya gletser di pegunungan Alpen, kekeringan di daerah Meditrania, dan badai yang tidak biasa. Peneliti mengamati adanya pemanasan global dari berbagai hal, dari lingkaran tahun pada pohon, endapan pada danau hingga koral, dan gelembung udarayang terjebak di inti es. Semua bukti itu menunjukkan bahwa bumi belum pernah sepanas ini selama satu milenium atau lebih. Dan mungkin bumi tidak pernah mamanas secepat 25 tahun terkhir, suatu masa dimana hal alami yang berpengaruh terhadap suhu global, seperti bintik matahari yang seharusnya berefek mendinginkan tidakbebrarti apa-apa. Dengan adanya efek rumah kaca yang telah dikemukakan oleh para ahli ilmuwan selama lebih dari seadab yang lalu, sulit untuk membantah pendapat para ahli klimatologi yang mengatakan bahwa apa yang kita alami ini merupakan perubahan iklim akibat ulah manusia.  
Sebagian besar ilmuwan berpedapat bahwa efek rumah kaca menyebabkan emanasan global. Efek rumah kaca alami penting untuk kehidupan di bumi. Sejak 200 tahun yan glalu ahli-ahli fisika telah mengetahui bahwa gas tertentu di atmosfer menangkap radiasi panas matahari dari permukaan bumi danmencegahnya kembali ke luar angkasa. Gas rumah kaca yang mempertahankan suhu bumi agar seimbang adlahuap air dn karbon dioksida . tanpa adanya selimut pemanas ini, permukaan bumi akan membeku.
Setiap gas rumah kaca mempunyai cirri radiasi tersendiri. Uap air menyerap radiasi pada panjang gelombang antara 4 dan 7 mikrometer, karbon diosida menyerap panjang gelombang 13 dan 19 mekrometer. Semakin kuatnya pengaruh gas rumah kaca diukur secara langsung pertama kali pada tahun 2000 ketika para ilmuwan melaporkan perubahan spectrum radiasi yang dilepaskan dari atmosfer keluar angkasa.
























Individu
KD : 3.2
PERANAN MASYARAKAT DALAM MENAGGULANGI PRUBAHAN IKLIM DUNIA
Sepanjang perkembangan dunia barat, awalnya hamper semua Negara menggunakan bahan baker secara tidak efisien. Awalnya, gelombang penggunaan bahan baker menyebabkan emisi meningkat, namun kemudian masalah asap, kehabisan sumber daya, dan peningkatan batu bara. Contoh yang paling dramatis dari kecenderunganini adalah Cina, yang mengurangi emisi karbon sebanyak 18 persen pada akhir decade 1990 an disaat perekonomiannya naik lebih dari 30 %, dengan menutup tambang batu bara di cina turun sebanyak 27 % dari tahun 1996 sampai tahun 2000. penurunan ini cukup besar untuk sedikitmenurunkan penggunaan bahan bakar fosil secara global pada tahun 1999 dan 2000. kejadian ini merupakan harapan untuk mengurangi emisi. Sebagai Negara industri yang sukses, mereka mencapai efisiensi lebih awal, karena peduli dengan masalah lingkungan dan tersedianya teknologi energi yang bersih dan murah.
Mereka optimis percaya bahwa karena bahan baker fosil menjadi jarang dan mahal , dank arena energi harus digunkan lebih efisien serta teknologi hijanu menjadi popular, maka Negara miskin yang akan melakukan industralisasi di abad 21 tidak akan memboroskan energi seperti yang dilakukan Negara Eropa pada abad 19.
Tenaga nuklir nampaknya dapat menjdi alternative energi yang efisien, karena pembangkit listriknya tidak menggunakan batu bara. Tetapi banyak pemerhati lingkungan menentang pemecahan masalah pemanasan global dengan enegi nuklir karena mengkhawatirkan keamananpenggunaan tenaga nuklir, maslah penganan dan pembuangan sampah nuklir, maslah penanganan dan pembuangan sampah nuklir, juga resiko penyalahgunaan nuklir menjadi senjata perang.
Tenaga angin dan tenaga surya merupakan dua pilihan utama energi ramah lingkungan. Keduanya menguntungkan baik di Negara maju maupun berkembang. Turbin angina berputar di dataran India dan  dipadang rumput Mongolia, juga di pantai Denmark. Panel surya megilap di atap rumah pedesaan Kenya dan Australia yang mempunyai cahaya matahari melimpah. Ini merupakan pilihan memperoleh energi dari sumber daya alam yang bebas polusi.

























Individu
KD : 3..3
MANFAAT LAUT BAGI KEHIDUPAN
laut merupakan habitat bagi berbagai bentuk kehidupan hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan laut dapat detemui disetiap tempat yang terkena sinar matahari, baik di permukaan, diperairandangkal, maupun di sepanjang pantai. Hewanlaut dpat hidup dan mendiami setiap tempat di laut dari permukaan hingga bagian paling dalam. Hal itu berbeda dengan tumbuhan laut yang tidak dapat hidup di tempat yang tidak mendapat cahaya dari matahari. Hewan dan tumbuhan yang hidup di laut dibedakan menjadi tiga, yaitu plankton,nekton, dan bentos.
Wilayah pesisir pantai dan laut memiliki peran yang stategis dan penting untuk berbagai macam kegiatan. Wilayah pesisir dan laut merupakan tempat yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Bagi penduduk sebuah Negara yang memilki wilayah yang luas, laut menjadi sumber mata pencaharian yang utama dan telah berlangsung berabad-abad lamanya. Selain manfaat alami dari laut yang diperoleh manusia, berbagai kemajuan dan teknologi makin mendorong manusia untuk mengelola sumber daya laut secara bijaksana.
Berbagai manfaat dari laut bagi kehidupan manusia antara lain :
sebagai jalur transportasi
perikanan
pertambangan
kesehatan
sumber energi
olah raga dan rekreasi, dan
pendidikan dan penelitian.




Individu
KD  3..3
UPAYA PENAGGULANGAN EROSI SUNGAI ATAU EROSI PANTAI
          Upaya yang dilakukan untuk melakukan penanggulangan erosi sungai yaitu melakukan rehabilitasi lahan terlantar atau lahan yang masih produktif. Tetapi digarap dengan cara mengabaikan prinsip-prinsip konservasi tanah dan air, dan melakukan perlindungan terhadap lahan-lahan yang umumnya sinsitif terhadap terjadinya erosi dan atau tanah longsor. Atau lahan-lahan yang di perkirakan memerlukan tindakan rehabilitasi di kemudian hari.



0 komentar:

Posting Komentar

 

chupiedd pinkpurplee ^^__^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea